Welcome to MSM Consulting

News

ARTICLE 2022.10.07

Cara dan Syarat Bayar Pajak Motor 2022 Online

GET NOTIFIED
SHARE

Memasuki tahun 2022, kamu harus memperhatikan baik-baik nih tanggal kamu harus membayar pajak motor tahunan kamu. Jangan sampai kamu tidak membayar pajak atau terlambat membayar yang pastinya akan berdampak pada dijatuhkannya denda. Artikel kali ini akan membahas secara lengkap tentang cara dan syarat bayar pajak motor 2022. 

Cara Melihat Pajak Motor di STNK

Pertama-tama, kamu harus mengetahui terlebih dahulu nih kapan pajak motor kamu harus dibayar. Caranya pun mudah banget. Buka STNK kamu, lalu cek tanggal jatuh tempo yang terletak di bagian bawah STNK kamu. Apabila tanggal “Berlaku Sampai” masih tahun depan, berarti pajak kamu sudah dibayarkan. 


Jika ternyata tanggalnya adalah tahun ini, berarti kamu harus langsung membayar kewajiban perpajakan kamu tersebut. 



Syarat Bayar Pajak Motor 2022

Lalu, bagaimana cara bayar pajak motor 2022? Berikut beberapa dokumen yang harus kamu persiapkan. 

  1. KTP asli sesuai dengan yang tertera pada STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dan BPKB (Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor)
  2. STNK, asli dan fotokopinya 1 rangkap
  3. BPKB, asli dan fokopinya 1 rangkap

Syarat Perpanjangan Pajak Motor

Selain pajak motor tahunan, kamu juga perlu melakukan perpanjangan pajak motor tiap 5 tahun sekali. 

  1. Apabila pembayaran pajak motor sekaligus dengan perpanjangan STNK 5 tahunan, maka kamu juga harus membawa kendaraan milikmu agar sekaligus bisa mengganti plat milikmu. 
  2. Berdasarkan peraturan terbaru Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022, kamu juga harus membawa BPJS Kesehatan apabila hendak memperpanjang STNK. 

Cara Bayar Pajak Motor Online 2022

Setelah semua dokumen-dokumen di atas kamu persiapkan, berikut beberapa cara bayar pajak motor terbaru online 2022 yang bisa kamu ikuti secara mudah.

  1. Unduh aplikasi SAMSAT Online Nasional di Play Store atau App Store kamu masing-masing. 
  2. Lakukan registrasi dan lengkapi data-data yang dibutuhkan, meliputi NIK, nomor polisi, 5 digit nomor terakhir rangka kendaraan. 
  3. Setelahnya, akan muncul data motor yang harus kamu bayarkan pajaknya beserta nominal pajak yang harus kamu lunasi. 
  4. Lakukan pembayaran sesuai dengan kode bayar tertera maksimal 2 jam sebelum kode tersebut kadaluwarsa. 
  5. Kamu akan mendapatkan e-BPKP dan e-Pengesahan STNK yang menandakan bahwa pembayaran telah berhasil. 


Nah, tidak sulit bukan? Dengan adanya sarana pembayaran online, sebenarnya sangat mudah bagi kamu untuk membayar pajak secara tepat waktu. Pastikan saja untuk mencatat tanggal terakhir kamu harus membayar STNK agar tidak terlewat, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!


Apabila kamu masih merasa bingung tentang cara bayar, perpanjangan STNK motor maupun masalah perpajakan lainnya, MSM Consulting siap membantumu!


MSM Consulting menyediakan berbagai jasa konsultan pajak terpercaya yang bisa membantu menyelesaikan masalah perpajakan pribadi maupun bisnis kamu. 


Hubungi kami sekarang lewat sini.

TALK TO US

Tell us what you need or visit us.

Direct to Google Maps